Berbagi Pengalaman

Mengenal Metode Belajar Buzz Group

Buzz Group. Sumber foto: eurekapendidikan.com Buzz Group. Sumber foto: eurekapendidikan.com
MONITORDAY.com - Metode pembelajaran merupakan cara mengajar atau cara menyampaikan materi pelajaran kepada siswa yang sedang belajar. Metode ini mempunyai banyak macam, pemilihan metode pun dipengaruhi oleh banyak aspek mulai dari materi pelajaran, lingkungan belajar, keadaan siswa, keadaan guru, dan sebagainya. Melalui pemilihan metode ini diharapkan guru bisa membangkitkan motivasi siswa untuk belajar yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil pembelajaran.

Diantara ragam metode pembelajaran, salah satunya adalah metode Buzz Group. Metode ini dilakukan dengan cara membagi suatu kelompok siswa besar menjadi beberapa kelompok kecil, yang terdiri dari 4-6 orang. Tempat duduk siswa pun diatur sedemikian rupa agar mereka dapat bertukar pikiran dan berhadapan muka dengan mudah.

Diskusi diadakan di tengah-tengah pelajaran atau di akhir pelajaran dengan maksud menajamkan pemahaman terhadap bahan pelajaran, memperjelas bahan pelajaran atau menjawab pertanyaan-pertanyaan.

Kebaikan dari metode ini, yaitu mendorong anggota yang malu-malu untuk memberi sumbangsih pemikiran; menciptakan suasana yang menyegarkan; menghemat waktu; memungkinkan pembagian tugas kepemimpinan; memberikan variasi dalam belajar; dan dapat digunakan untuk mengkombinasikan dan memperkaya metode mengajar lainnya.

Sedangkan kekurangannya, yaitu apabila anggota kelompok terdiri dari siswa yang kurang bahkan tidak tahu apa-apa, maka tujuan dari diskusi tersebut sukar dan bahkan tidak dapat dicapai; diskusi akan berputar-putar; tak ada kepemimpinan yang baik dalam diskusi; laporan tidak tersusun dengan baik; tidak ada waktu persiapan yang cukup.

Comment

TERPOPULER
COPYRIGHT © MONITORDAY.COM 2016 ALL RIGHTS RESERVED
Back to Top
counter hit xanga