Seni

Pak Raden Akan Dimakamkan di TPU Jeruk Purut

Suyadi atau Pak Raden telah berpulang/dream.co.id Suyadi atau Pak Raden telah berpulang/dream.co.id
MONITORDAY.com, Jakarta - Pak Raden, tokoh legenda dalam film seri Si Unyil meninggal dunia pada Jumat malam dalam usia 82 tahun. Suyadi, nama asli Pak Raden akan disemayamkan di rumah duka di Petamburan, Jakarta Pusat.

Suyadi meninggal dunia di Rumah Sakit Pelni dan keluarga memakamkannya di TPU Jeruk Purut, Jakarta. Suyadi lahir di Jember, Jawa Timur dikenal memainkan tokoh Pak Raden dengan karakter antagonis di sandiwara serial Si Unyil pada 1980an.

Serial sandiwara boneka Si Unyil ditayangkan TVRI pada era 1980an. Sejak lahir Suyadi disebut telah tertarik dengan dunia menggambar. Awalnya dia memulainya dalam buku pelajaran membaca.

Namun, orang tuanya yang merupakan seorang Patih di Surabaya bernama Subekti Wirjokoesoemo, tidak membolehkan dia belajar menggambar. Pada 1940an Suyadi bersekolah di ELS, sekolah setingkat SD khusus untuk orang Eropa dan anak pribumi dari golongan tertentu.

Suyadi meneruskan pendidikannya hingga setingkat SMA di Surabaya, Jawa Timur. Pada 1952, Suyadi melanjutkan pendidikannya di jurusan seni rupa Institut Teknologi Bandung. Setelah lulus, Suyadi mendapat beasiswa melanjutkan kuliahnya ke Paris selama 1961 hingga 1964.

Comment

COPYRIGHT © MONITORDAY.COM 2016 ALL RIGHTS RESERVED
Back to Top
counter hit xanga