Berbagi Pengalaman

Langkah-langkah Belajar Kreatif

Ilustrasi gambar. Sumber foto: fatbraintoys.com Ilustrasi gambar. Sumber foto: fatbraintoys.com
MONITORDAY.com - Dalam upaya memelihara, mendukung, dan meningkatkan pengembangan kreativitas peserta didik, guru seyogyanya memiliki strategi khusus yang dibutuhkan peserta didik untuk meningkatkan kreativitasnya. Adapun beberapa faktor yang dapat meningkatkan kreativitas peserta didik dalam proses kegiatan belajar mengajar, sebagai berikut: Pertama, tugas apa yang dikehendaki oleh peserta didik. Keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran seperti ini akan membuatnya senang dan semangat dalam belajar.

Kedua, rasa ingin tahu peserta didik. Keingintahuan peserta didik pada sesuatu hal tidak hanya membuahkan rasa penasaran dalam dirinya, akan tetapi rasa ingin tahu tersebut dapat memicu semangat belajar peserta didik untuk mengetahui segala sesuatu yang diajarkan guru. Jika kegiatan ini terus dikembangkan dengan baik, maka proses pembelajaran lebih bergairah dan hasilnya pun akan lebih memuaskan.

Ketiga, masalah kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini dapat menambah pengetahuan peserta didik tentang bagaimana cara menyelesaikan permasalahan yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Hasil pemecahan masalahnya dapat disosialisasikan kepada orang lain, terutama hal-hal yang berkaitan dengan kreativitas.

 Keempat, Kebebasan dalam bereksperimen dalam kegiatan pembelajaran. Dengan mendapatkan kesempatan bebas dalam bereksperimen, kreativitas peserta didik dapat dibangun dan ditingkatkan, sehingga mereka dapat menemukan permasalahannya dan dapat pemecahan masalah itu sendiri. Dalam mengevaluasi hasil belajar, guru hendaknya mengembangkan standar yang didasarkan pada tugas, tujuan, dan kemampuan peserta didik.

 Pada akhirnya pengalaman belajar harus mampu mengantarkan peserta didik agar dapat memecahkan masalahnya sendiri dan dapat mengarahkan mereka mengidentifikasikan tantangan baru yang akan muncul. Selain dalam kegiatan pembelajaran, guru juga hendaknya menyiapkan berbagai media dan menggunakan pendekatan pembelajaran yang memungkinkan peserta didik sebagai subjek, serta mengevaluasi hasil belajar yang tepat sehingga mampu meningkatkan kreativitas anak.

TAG BERITA

Comment

TERPOPULER
COPYRIGHT © MONITORDAY.COM 2016 ALL RIGHTS RESERVED
Back to Top
counter hit xanga