Fokus

Penerimaan Pajak Rendah

Ini Upaya Ditjen Pajak agar Target Penerimaan pada 2016 Tercapai

Ilustrasi penerimaan pajak/sindonews.com Ilustrasi penerimaan pajak/sindonews.com
MONITORDAY.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Pajak bergerak cepat untuk mencapai target penerimaan pajak pada 2016. Salah satu yang digenjot Ditjen Pajak adalah memaksimalkan penerimaan sebagai akibat dari penerapan kebijakan pengampunan pajak atau tax amnesty.

"Dari kebijakan ini kita targetkan penerimaan sekitar Rp 60 triliun. Dari sekarang kita upayakan," kata Dirjen Pajak Sigit Priadi Pramudito di Jakarta pada Kamis malam.

Menurut Sigit, upaya ini dilakukan karena pengampunan pajak berpotensi menambah penerimaan dan basis pajak baru. Terlebih berdasarkan catatannya kepemilikan aset perusahaan Indonesia belum optimal menyumbang pajak. Di salah satu negara asing bisa mencapai Rp 2 ribu triliun.

Kendati demikian, Sigit mengaku kebijakan ini terhambat dengan undang undang yang belum disahkan. Tujuan dari pengampunan pajak untuk menarik dana dari luar negeri dan tidak hanya untuk pajak, tapi juga untuk membantu perekonomian dalam negeri.

Ditjen Pajak juga menyasar penghasilan dari penerapan revaluasi aset perusahaan serta rasio utang terhadap ekuitas [DER] yang termasuk dalam paket kebijakan ekonomi yang baru akan diluncurkan pemerintah pada 2016.

TAG BERITA

Comment

TERPOPULER
COPYRIGHT © MONITORDAY.COM 2016 ALL RIGHTS RESERVED
Back to Top
counter hit xanga