Seni

Simak; Cerita ini Tentang Korupsi Berjamaah ala Teater Koma

ilustrasi gambar (indonesiaberkarakter.org) ilustrasi gambar (indonesiaberkarakter.org)
MONITORDAY.com, Jakarta - Sebuah lakon berjudul "Inspektur Jenderal" menceritakan satu rezim yang digerogoti laku koruptif para pejabatnya. Bukan hanya satu-dua pejabat, melainkan praktek korupsi itu dilakukan secara berjamaah bahkan vulgar, satu sama lain saling mengunci, mencurigai, bahkan bekerjasama.

Lakon yang disutradai oleh Nano Rintiarno itu diangkat dari karya asli seorang berkebangsaan Rusia, Nikolai Gogol, dipentaskan Teater Koma di Gedung Kesenian Jakarta mulai 6 November hingga 15 November 2015. Lakon ini merupakan produksi ke-142 Teater Koma.

"Hal-hal yang ada dalam pagelaran ini bisa menjadi pembelajaran untuk kita semua," kata Nano Rintiarno usai pementasan di Gedung Kesenian Jakarta.

Menurut Nano, korupsi sudah ada bahkan sejak manusia belum mengenal peraturan, yaitu ketika anak Nabi Adam membunuh saudara kandungnya.

Konsep tersebut, lanjut dia, kemudian dituangkan ke dalam sebuah cerita oleh Nikolai Gogol dengan judul asli "Revizor" atau "The Government Inspector" atau "The Inspector General" dan dipentaskan pertama kali pada 19 April 1836.

Comment

TERPOPULER
COPYRIGHT © MONITORDAY.COM 2016 ALL RIGHTS RESERVED
Back to Top
counter hit xanga