Budaya

Penetapan Soeharto sebagai Pahlawan Nasional Tinggal Menunggu Waktu

Sejarawan Anhar Gonggong menyakini gelar Pahlawan Nasional bagi Soeharto tinggal menunggu waktu saja. Sumber foto: monitorday.com/Fahreza Sejarawan Anhar Gonggong menyakini gelar Pahlawan Nasional bagi Soeharto tinggal menunggu waktu saja. Sumber foto: monitorday.com/Fahreza
MONITORDAY com, Jakarta - Terkait kontroversi Presiden ke-2 RI Soeharto yang akan dianugerahi gelar pahlawan nasional, Sejarawan Indonesia Anhar Gonggong menilai Presiden atau Wakil Presiden belum tentu bisa jadi pahlawan nasional.

Kendati demikian, ia mengatakan penentuan Soeharto sebagai pahlawan nasional sudah selesai ditentukan, hanya tinggal menentukan waktu yang tepat saja untuk mengumumkannya.

"Saya ingin mengatakan kalau dalam prosesnya nanti, kalau kita ingin menciptakan seorang pahlawan, tidak semua presiden berhak mendapat pahlawan nasional, tapi Soeharto udah selesai lho ya. Jadi yang akan datang kalau ada yang mengajukan bahwa presiden, bekas presiden yang mau dicalonkan belum tentu bisa jadi pahlawan nasional," ujar Anhar setelah menghadiri ‎gelararan Tasyakur Penganugerahan Pahlawan Nasional Ki Bagus Hadikusumo, di kantor PP Muhammadiyah, Jakarta, Selasa (10/11) malam.

Anhar pun menegaskan persoalan Soeharto yang dicanangkan sebagai pahlawan nasional sudah diselesaikan oleh Dewan Tanda Kehormatan.

" Itu jangan ditanya lagi persoalan itu karena Dewan Tanda Kehormatan udah menyelesaikannya dan dia (soeharto) akan pasti menjadi pahlawan nasional hanya saja persoalannya kapannya itu tergantung presiden," pungkasnya. (arf)

Comment

COPYRIGHT © MONITORDAY.COM 2016 ALL RIGHTS RESERVED
Back to Top
counter hit xanga