Seni

Ketika Sujiwo Tejo Pulang Kampung

ilustrasi gambar; Budayawan, Sujiwo Tejo ilustrasi gambar; Budayawan, Sujiwo Tejo
MONITORDAY.COM, Jember - Budayawan Agus Hadi Sudjiwo atau dikenal dengan nama Sujiwo Tejo pulang ke tanah kelahirannya di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Menurut budayawan yang menyebut dirinya sebagai presiden jancukers tersebut, Jember merupakan kota yang tidak asing baginya.

"Saya tidak asing dengan Jember karena saya lahir di Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember," katanya

Sujiwo Tejo 'pulang kampung' ke Jember dalam rangka menghadiri acara 'meet and greet" dengan puluhan fansnya yang digelar Komunitas Sahabat Pena di salah satu hotel Jalan Hayam Wuruk Jember, Kamis (03/12).

Pria yang pernah kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) itu menceritakan masa kanak-kanaknya saat di Jember dan masa mudanya saat tinggal di Kabupaten Situbondo.

"Dulu saya pernah minggat (pergi dari rumah tanpa seizin orang tua) di Situbondo menuju Jember dengan uang seadanya selama seminggu, saya mbambung (jadi gelandangan-red) dengan tidur di Stasiun Jember dan Pasar Tanjung," kenangnya.

Saat beranjak remaja, Sujiwo mengaku sering diajak ayahnya dari Situbondo menuju Jember dan ia merasa kagum terhadap masjid Jami' di alun-alun Kabupaten Jember yang megah.

"Dulu saya senang diajak ayah ke Jember dan seperti memasuki kota besar dibandingkan tempat tinggal kami di Situbondo," ucapnya.

Saat tiba di Jember pada Kamis dini hari, dalang senior itu enggan menuju hotel untuk beristirahat dan memilih ke salah satu tempat untuk nongkrong di kawasan Jembatan Jompo.

"Saat tiba di Jember, saya langsung ke tempat ketan cetol di Jompo yang terkenal di Jember dan paginya saya makan soto dahlog yang menjadi menu andalan di Jember," tuturnya.

Aktor sekaligus penyanyi itu mengaku terakhir kali berkunjung ke kabupaten berjuluk "Kota Tembakau" itu dua tahun lalu, namun tidak sempat berkunjung ke kampung halamannya di Kecamatan Ambulu.

"Tidak ada yang berubah seperti dua tahun lalu dan saya selalu menyempatkan diri ke sejumlah tempat selama di Jember," ucap pria yang pernah menjadi nominator Most Wanted Male yang digelar MTV Asia.

Sujiwo juga memberikan motivasi kepada para mahasiswa dan seniman muda yang hadir untuk tetap berkarya dan tidak pernah menyerah dengan tantangan zaman karena semuanya sudah menjadi kehendak Tuhan Yang Maha Esa dan manusia hanya bisa berusaha.

Setelah menggelar "meet and greet", Sujiwo Tejo dijadwalkan menjadi pembicara dalam dialog interaktif berjudul "Revolusi Mental dalam perspektif budayawan" di Gedung Soetardjo Universitas Jember, Kamis malam.

Comment

TERPOPULER
COPYRIGHT © MONITORDAY.COM 2016 ALL RIGHTS RESERVED
Back to Top
counter hit xanga