Khazanah

Perempuan Bukan Barang Murahan, Ini Buktinya !

ilustrasi wanita berjilbab, sumber foto: kebindo.blogspot.com ilustrasi wanita berjilbab, sumber foto: kebindo.blogspot.com
MONITORDAY.com - Perempuan memiliki latar sejarah yang beragam dari masa ke masa, jika kita tinjau peran perempuan Arab di masa jahiliyah, banyak tindakan diskriminatif dan asusila yang diperlakukan masyarakat Arab jahiliyah pada kaum perempuan. 

Hal kejam yang pernah dilakukan bangsa Arab adalah mengubur bayi perempuan hidup-hidup, masa itu adalah masa yang menegangkan bagi seorang wanita yang sedang melahirkan, ia selalu dihantui bayangan mengerikan jika nanti melahirkan bayi perempuan. Jika yang lahir bayi laki-laki, sang suami akan bangga dan mencintai isterinya, putranya akan diperlakukan sebagai anak emas yang nanti dapat mereka andalkan di kemudian hari.

Laki-laki dianggap sebagai calon pemimpin yang mampu meneruskan perjuangan ayahnya dan bisa mengangkat derajat keluarga besarnya. Sebaliknya pandangan negatif terhadap bayi perempuan, yang sewaktu lahir sang ayah akan menyembunyikannya dari masyarakat sekitar. Bayi perempuan dianggap sebagai aib keluarga, makhluk lemah yang tak berdaya, tak ada hormat kecuali menganggapnya sebagai budak. Jika tak dilenyapkan ia akan menurunkan kehormatan keluarganya. Sungguh persepsi jahiliyah ini melukai derajat kaum perempuan saat itu. 

Saat Islam datang memasuki peradaban bangsa Arab, Islam menjunjung tinggi kehormatan seorang perempuan. Islam memberikan kesempatan hidup dan nasib yang setara bagi laki-laki maupun perempuan, tak ada perilaku diskriminatif yang diberikan pada kaum perempuan. 

Islam juga membebaskan perempuan dari kekejaman tirani yang menjadikannya budak yang bisa dimiliki lelaki manapun, menghentikan praktek jual beli perempuan dan menjadikan mereka makhluk yang memiliki derajat yang mulia. Terbukti, setelah datang aturan Islam, banyak perempuan yang bebas mengekspresikan hidup dan karirnya di pelbagai sektor dengan catatan tanpa mengabaikan perannya di wilayah domestik.

Comment

TERPOPULER
01
03
Kamis 01 Desember 2016 | 19:46 WIB
Mendikbud Ungkap Alasan Moratorium UN
COPYRIGHT © MONITORDAY.COM 2016 ALL RIGHTS RESERVED
Back to Top
counter hit xanga