Tips Dan Kesehatan

Khawatir Virus Zika Beneran Menular Lewat Seks, WHO: Coba Selidiki Lagi

ilustrasi gambar ilustrasi gambar
MONITORDAY.com, Jenewa - Laporan penularan Virus Zika melalui hubungan seksual di Amerika Serikat telah menambah kekhawatiran akan semakin cepatnya wabah tersebut menyebar. Begitupun dengan Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyerukan agar dilakukan penyelidikan lebih jauh terhadap virus itu, yang sebelumnya diketahui menyebar lewat gigitan nyamuk.

"Kami pasti memahami kekhawatiran tersebut. Ini memerlukan penyelidikan lebih jauh untuk memahami kondisinya dan seberapa sering atau mungkin penularan lewat hubungan seks itu, dan apakah tidak ada cairan tubuh lain yang terlibat," kata juru bicara WHO Gregory Hartl dikutip Reuters, Rabu (3/2).

Penderita pertama penularan virus di Amerika Serikat dilaporkan di Dallas, Texas, oleh petugas kesehatan setempat, Selasa. Laporan itu mengatakan bahwa kemungkinan virus tersebut ditularkan melalui hubungan seksual dan bukan gigitan nyamuk.

"Ini kasus penularan secara seksual kedua yang diperdebatkan," katanya, merujuk pada laporan media mengenai kasus seorang pria Amerika yang pulang dari Senegal pada 2008 dan diduga menulari istrinya.

Virus yang dikaitkan dengan kelahiran bayi berkepala kecil dan kecacatan lahir di Brazil ini menyebar dengan cepat di Amerika dan WHO pada Senin menyatakan status darurat kesehatan masyarakat internasional untuk kondisi yang dikenali sebagai mikrocephali itu.

Comment

Kamis 01 Desember 2016 | 22:26 WIB

Wedding Celebration Festival 2016

Kamis 01 Desember 2016 | 00:59 WIB

Selasa 29 Nopember 2016 | 02:30 WIB

Selasa 29 Nopember 2016 | 00:20 WIB

COPYRIGHT © MONITORDAY.COM 2016 ALL RIGHTS RESERVED
Back to Top
counter hit xanga