Industri

Laporan:

'Oneng' Minta Tiga Kementrian Ini Berkoordinasi

Anggota DPR yang juga politisi PDIP, Rieke Diah Pitaloka (Foto:Arief Hidayat/Monitorday) Anggota DPR yang juga politisi PDIP, Rieke Diah Pitaloka (Foto:Arief Hidayat/Monitorday)
MONITORDAY.com, Jakarta - Anggota DPR dari Fraksi PDIP, Rieke Diah Pitaloka, mengimbau Kementerian Perdagangan, Kementerian Industri dan Teknologi, dan Kementerian ketenagakerjaan berkordinasi. Sebab, 3 kementerian itu yang paling bertanggungjawab menangani dampak PHK Massal.

Menurut Rieke, perlu langkah intensif dari kementerian terkait untuk menyelamatkan industri nasional, sehingga pemetaan atasnya wajib dilakukan segera. "Membuat pemetaan sektor industri apa saja yang dalam kondisi tidak stabil, apa penyebabnya dan segera ambil langkah-langkah insentif kebijakan penyelamatan industri nasional," ujar Rieke saat ditemui di Kompleks DPR, Jakarta, Selasa (9/2).

Ditambahkannya, pemerintah wajib mengawasi pemberian hak-hak buruh ketika terjadi PHK. Namun, sebelumnya perlu dipetakan penyebab perusahaan mereka bangkrut. "Telaah dengan seksama, apakah terjadi penutupan industri karena bangkrut atau pailit. Jika itu yang terjadi pemerintah harus mengawal agar hak-hak pekerja dipenuhi oleh perusahaan," tegas mantan pesinetron yang terkenal dengan peran si 'Oneng' tersebut.

Selain itu, sambung Rieke, Jika yang terjadi adalah penjualan saham, maka tindak lanjut perusahaan atas nasib karyawannya perlu diawasi pemerintah. "Jika yangg terjadi adalah penjualan saham kepada pihak lain,  maka harus dipastikan  tidak ada pemutusan kerja dan pengurangan karyawan, serta pemberi kerja yang baru harus diawasi demi kesejahteraan karyawan," tandas Rieke.

Comment

TERPOPULER
COPYRIGHT © MONITORDAY.COM 2016 ALL RIGHTS RESERVED
Back to Top
counter hit xanga