Sosial Dan Budaya

Ini Lho Ciri-Ciri Pesantren Radikal itu, Kata Peneliti

ilustrasi gambar ilustrasi gambar
MONITORDAY.com, Jakarta - Pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Terorisma (BNPT) menetapkan setidaknya ada 19 pesantren yang dikategorikan berpaham radikal. Namun demikian BNPT tidak secara terbuka membuka nama pesantren-pesantren yang dianggap mengajarkan paham-paham radikal itu, tidak juga dijelaskan alasan pengategorian tersebut.

Terkait hal itu, peneliti Pusat Studi Pesantren Ubaidillah mengatakan keberadaan pesantren yang mengajarkan radikalisme indikasinya bisa dilihat dari aktivitas pemimpin dan alumninya.

"Semua orang yang concern dengan perkembangan informasi pasti sudah bisa menilai pesantren mana yang terindikasi radikalisme. Lihat saja apakah pemimpin dan alumninya terlibat aktivitas terorisme," kata Ubaidilah di Jakarta, Selasa (9/2).

Indikasi lainnya adalah kurikulum yang digunakan pesantren itu. Menurut Ubaidillah, kurikulum menjadi basis penting untuk mengukur potensi radikalisme sebuah pesantren.

"Namun kurikulum jangan menjadi variabel utama, tapi juga harus dilihat ekspresi dari elemen pesantren yang terindikasi radikalisme itu. Apakah sebatas kurikulum tapi ekspresi tidak muncul, atau kurikulum yang mendorong para santri untuk menjadi pelaku terorisme," katanya.

Comment

TERPOPULER
01
03
Kamis 01 Desember 2016 | 19:46 WIB
Mendikbud Ungkap Alasan Moratorium UN
COPYRIGHT © MONITORDAY.COM 2016 ALL RIGHTS RESERVED
Back to Top
counter hit xanga