Inspirasi

Laporan:

Selebriti

Ketika Selebritis Tanah Air Ramai-ramai Berbisnis, Tika: Kita Tak Bisa Cuma Andalkan Pendapatan Sebagai Artis

Tika Pangabean, salah satu personel Project Pop Tika Pangabean, salah satu personel Project Pop
MONITORDAY.com, Jakarta - Belakangan sejumlah selebriti tanah air bergerak di dunia wirausaha. Misalnya dengan membuka restoran, menggandeng desainer kenamaan untuk produk fashion, serta ada juga yang berkolaborasi dengan perusahaan kosmetik untuk membuat merek parfum, bedak, atau perlengkapan kecantikan lain yang diminati pasar. 

Namun dari sekian banyak pegiat hiburan yang mencicipi bisnis itu, tak semuanya berakhir dengan indah. Beberapa di antara artis yang mencoba peruntungan dari profesi ganda itu gagal total akibat tak punya cukup waktu untuk mengelolanya. Strategi manajerial yang kurang dan minimnya inovasi juga dinilai sebagai dua alasan yang menyebabkan bisnis artis ini pada akhirnya ditutup.  

Uniknya, setelah gagal membuka satu bidang usaha, tak jarang kemudian di antara selebriti ada yang mencoba peruntungan dengan bergerak di sektor bisnis yang lain. Menurut Tika Panggabean, peralihan satu bisnis ke bisnis yang lain merupakan tantangan yang biasa bagi para artis yang ingin menekuni dunia wirausaha. Justru peralihan ke sektor bisnis yang lain itu akan memberi pengalaman dan kematangan.

"Kegagalan adalah awal dari kesuksesan. Jadi, ketika ada artis yang gagal berbisnis salon, lalu bergeser membuka restauran, menurut saya itu bukan hal yang salah. Justru langkah selanjutnya dia bisa mengevaluasi kegagalannya tersebut," ucap Tika salah satu personel Project Pop, kepada MONDAY (grup Monitorday), kemarin.  

Meski Tika adalah seorang artis yang punya branding personal kuat, tapi itu tak cukup menjadikan geraknya di dunia bisnis lepas dari pengalaman gagal. Pada 2006, ia pernah menggeluti usaha rumah makan khas Batak bersama kakaknya Renaldo Panggabean, dengan konsep bersih dan rapi. Namun, siapa sangka jika bisnis ini tak direspon baik pasar karena pelanggan lebih suka suasana makan sambil mengangkat kaki di bangku dan mengudap dengan tangan. 

Comment

COPYRIGHT © MONITORDAY.COM 2016 ALL RIGHTS RESERVED
Back to Top
counter hit xanga