APLIKASI DLL

Berbenturan dengan Asteroid, Satelit Planet Mars Terancam Hancur

Planet Mars Planet Mars
MONITORDAY.com, California - Para ilmuwan NASA memprediksikan bulan terbesar milik Planet Mars, Phobos, tengah berada di ambang kehancuran. Dari penelitian yang dilakukan di markas NASA, ditemukan bahwa pada satelit terbesar Planet Merah itu ditemukan retakan-retakan pada permukaan Phobos.

Seperti dilansir Gizmag, retakan-retakan tersebut diperkirakan didapatkan Phobos akibat berbenturan dengan asteroid. Hal tersebut pun membuat kepadatan permukaan Phobos semakin berkurang dan membuat Phobos rentan kehancuran.

Selain itu, penyebab lain keretakan pada Phobos adalah karena adanya gesekan tarik-menarik saat Phobos mendekati Mars. Hal itu terjadi lantaran setiap 100 tahun sekali Phobos memang bergerak sejauh 2 meter mendekati Mars. Pergerakan tersebut pun membuat permukaan Phobos makin terkikis dan menimbulkan keretakan.

Sementara itu, ilmuwan asal University of California, Benjamin Black dan Tushar Mittal memprediksi hancurnya Phobos akan berdampak pada terbentuknya cincin pada Mars yang akan membuat Planet Merah tersebut mirip dengan Planet Saturnus.

Nantinya, kepingan pecahan dari satelit terbesar Planet Mars itu akan mendekat ke permukaan Mars karena terbawa arus gravitasi. 

TAG BERITA

Comment

TERPOPULER
01
COPYRIGHT © MONITORDAY.COM 2016 ALL RIGHTS RESERVED
Back to Top
counter hit xanga