Ekonomi

Laporan:

Tinggal Pilih, Ngisi BBM di SPBU Pertamina Lebih Murah, di SPBU Asing Lebih Akurat Takarannya

Ilustrasi: Perbandingan SPBU Pertamina dengan SPBU asing Ilustrasi: Perbandingan SPBU Pertamina dengan SPBU asing
MONITORDAY.com, Jakarta - PT Pertamina menggunakan segala cara untuk merebut konsumen BBM dari SPBU asing. Misalnya, mematok harga BBM yang berada di SPBU Pertamina lebih murah dibandingkan SPBU asing. Meski begitu, tetap banyak masyarakat yang mengisi BBM di SPBU asing. 

Selama ini ada anggapan masyarakat memilih mengisi tangki BBMnya di SPBU asing karena kualitas BBM. Tapi ternyarta bukan cuma itu masalah. Di SPBU asing, takaran pengisian BBM lebih akurat.

Hal itu diungkapkan Direktur Metrologi Ditjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan (Kemendag) Harry Prawoko. Selama ini pihaknya tidak membeda-bedakan pengawasan yang dilakukan atas pendistribusian BBM. 

Selama pengawasan tersebut, pihaknya memang menemukan fakta bahwa SPBU asing lebih akurat pengisiannya ketimbang SPBU lokal. "‎Ya sama saja (pengawasan), kesimpulan kami malah yang (SPBU) milik asing lebih bagus. Selama ini kita apresiasi mereka bisa jaga akurasinya‎ (pengisian BBM)," katanya di Gedung BPH Migas, Jakarta, Selasa(16/2).

Lebih lanjut diungkapkan, kecurangan yang terjadi dalam pendistribusian BBM berbagai macam. Misalnya, pipa pengisian BBM dilubangi atau alat elektroniknya dimodifikasi. Oknumnya bermacam-macam, bisa dari supir mobil tangki minyak, petugas SPBU, atau dari depo pengisian BBM.

Comment

COPYRIGHT © MONITORDAY.COM 2016 ALL RIGHTS RESERVED
Back to Top
counter hit xanga