Pemerintahan

Di AS, Jokowi Tegaskan Sikap Indonesia Soal Konflik Laut Tiongkok Selatan

Presiden Joko Widodo mengikuti diskusi terbuka di Sunnylands Historic Home yang merupakan bagian dari rangkaian acara KTT AS-ASEAN di Sunnyland, California, Amerika Serikat (Foto: Setkab.go) Presiden Joko Widodo mengikuti diskusi terbuka di Sunnylands Historic Home yang merupakan bagian dari rangkaian acara KTT AS-ASEAN di Sunnyland, California, Amerika Serikat (Foto: Setkab.go)
MONITORDAY.com, California -  Presiden Joko Widodo mengikuti diskusi terbuka di Sunnylands Historic Home yang merupakan bagian dari rangkaian acara KTT AS-ASEAN di Sunnyland, California, Amerika Serikat. Presiden Amerika Serikat Barack Obama bertindak sebagai tuan rumah dalam sesi yang mengusung tema 'On Regional Strategic Outlook'.

Dalam diskusi itu, tiap Kepala Negara ASEAN diberikan kesempatan memberikan pernyataan. Jokowi dalam kesempatan itu menyampaikan 2 isu utama, yaitu perdamaian di Laut Tiongkok Selatan serta perdamaian di Timur Tengah.

Terkait Laut Tiongkok Selatan, Jokowi menegaskan Indonesia konsisten pada sikap semula yakni mendorong dilakukannya dialog yang baik agar masalah di kawasan itu segera selesai.

"Indonesia tidak masuk claimant state (negara yang terlibat) dalam konflik ini," kata Presiden Jokowi sebelum acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) AS-ASEAN di Miramonte Resort, Indian Wells, California, Senin waktu setempat (Selasa WIB).

Presiden Jokowi menyatakan bahwa kawasan Laut Tiongkok Selatan harus merupakan kawasan damai dan stabil. Untuk mewujudkannya, Presiden Jokowi menekankan bahwa hukum internasional harus dihormati, rivalitas kekuasaan besar harus dicegah, Declaration on the Conduct of Parties in the South Cina Sea (DOC) harus dilaksanakan secara penuh dan efektif, dan Code of Conduct (COC) harus dapat segera diselesaikan.

Comment

COPYRIGHT © MONITORDAY.COM 2016 ALL RIGHTS RESERVED
Back to Top
counter hit xanga