Pemerintahan

Di KTT AS-ASEAN, Jokowi Berbagi Cerita Soal Indonesia Tangani Teroris

ilustrasi gambar: Presiden Jokowi saat mengikuti salah satu sesi dikusi ilustrasi gambar: Presiden Jokowi saat mengikuti salah satu sesi dikusi
MONITORDAY.com, California - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berbagi pengalaman terkait cara Indonesia dalam menangani dan memberantas aksi terorisme dan ektrimisme dalam salah satu sesi Retreat II Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) AS-ASEAN yang dilaksanakan pada Selasa pagi waktu setempat (Rabu dini hari, WIB).

Jokowi dengan mencontohkan aksi teror bom di Jakarta beberapa waktu lalu, mengingatkan pentingnya kerja sama dalam tiga hal, yakni mempromosikan toleransi, memberantas terorisme dan ekstrimisme, serta mengatasi akar masalah dan menciptakan suasana kondusif terhadap terorisme. 

"Kombinasi penggunaan hard power dan soft power dibutuhkan dalam mengatasi ekstrimisme," katanya.

Ia menambahkan, terkait pendekatan "hard power", Indonesia sedang mengkaji ulang Undang-Undang Terorisme. Hal ini dimaksudkan untuk memperkuat payung hukum dalam menghadapi ancaman terorisme.

"Penguatan legislasi ini, tentunya dilakukan dengan mempertimbangkan penghormatan terhadap hak asasi manusia," ucap Presiden. 

Comment

COPYRIGHT © MONITORDAY.COM 2016 ALL RIGHTS RESERVED
Back to Top
counter hit xanga