Keuangan

Rupiah Bergerak Melemah Tertekan Penurunan Harga Minyak Dunia

Ilustrasi Ilustrasi
MONITORDAY.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS bergerak melemah 102 poin menjadi Rp 13.496 pada Rabu (17/2) pagi. Mata uang garuda bergerak melemah lantaran tertekan tren penurunan harga minyak mentah dunia.

Menurut Ekonom Samuel Sekuritas, Rangga Cipta, bergerak menurunnya laju harga minyak mentah dunia membuat dolar AS memiliki kans untuk bergerak menguat. Kondisi tersebut pun berdampak pada pelemahan nilai tukar mata uang negara-negara Asia.

"Penguatan dolar AS terhadap rupiah itu cenderung terbatas di tengah sentimen positif dari dalam negeri cenderung masih terjaga sehingga pelemahan mata uang domestik juga relatif paling minim dibandingkan kurs lain di Asia," kata Rangga di Jakarta, Rabu (17/2).

Lebih lanjut, dia mengatakan jika harapan pemangkasan tingkat suku bunga acuan Bank Indonesia (BI rate) serta Giro Wajib Minimum (GWM) dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) yang dimulai hari ini (Rabu, 17/2) hingga besok (Kamis, 18/2), semakin memperbesar harapan pemangkasan yang lebih agresif sebanyak 50 basis poin juga mulai muncul di pasar.

Sementara itu, indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu dibuka turun tipis sebesar 6,58 poin seiring dengan pelaku pasar yang mengambl posisi lepas saham seraya menanti sentimen positif dari domestik dan eksternal.

TAG BERITA

Comment

TERPOPULER
COPYRIGHT © MONITORDAY.COM 2016 ALL RIGHTS RESERVED
Back to Top
counter hit xanga