Peristiwa

Ternyata Gerhana Matahari Total Punya Dampak Buruk untuk Kesehatan

Gerhana matahari total dapat menyebabkan kerusakan mata jika dilihat dengan mata telanjang Gerhana matahari total dapat menyebabkan kerusakan mata jika dilihat dengan mata telanjang
MONITORDAY.com, Sampit - Indonesia akan mengalami fenomena gerhana matahari total pada 9 Maret 2016. Fenomena itu pun menjadi sangat langka lantaran gerhana matahari total itu diprediksi hanya akan terjadi di Indonesia.

Menyikapi fenomena itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Bandara Haji Asan Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, mengimbau masyarakat mewaspadai dampak gerhana matahari total terhadap kesehatan mata.

Baca: Gerhana Matahari Total di Indonesia Ditargetkan Jadi Pendongkrak Ekonomi

"Masyarakat diimbau untuk tidak melakukan kontak mata saat melihat gerhana matahari total. Pasalnya itu dapat mengakibatkan kerusakan pada retina mata," kata Kepala BMKG Stasiun Bandara Haji Asan Sampit, Yulida Warni di Sampit, Rabu (17/2).

Gerhana matahari total diperkirakan terjadi pada pagi hari tanggal 9 Maret nanti. Gerhana akan melintasi 11 provinsi di Indonesia yakni Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Comment

COPYRIGHT © MONITORDAY.COM 2016 ALL RIGHTS RESERVED
Back to Top
counter hit xanga