Asia

Oleh:

Tiongkok Ingatkan Australia, Jika Tak Mau Dukung Jangan Bikin Rusuh Negosiasi Laut Cina Selatan

Tiongkok mendesak Australia untuk mendukung pihaknya menyelesaikan sengketa Tiongkok mendesak Australia untuk mendukung pihaknya menyelesaikan sengketa
MONITORDAY.com, Canberra – Jelang pertemuan tingkat tinggi antar dua negara, pemerintah Cina telah mendesak Australia agar segera mengambil sikap tentang sengketa perairan Laut Cina Selatan yang hingga kini belum terselesaikan.

Hal itu disampaikan langsung oleh Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishob yang menegaskan bahwa pihak Tiongkok telah memaksanya untuk menentukan pandangan terkait wilayah kepulauan yang kembali dikuasai oleh beberapa negara sekitar.

Bishob juga menyatakan, sebelum kedatangannya nanti ke Beijing, ia telah mempersiapkan pandangan meskipun tidak akan sepenuhnya memihak Tiongkok selaku partner hubungan perdagangan. Seperti dilansir BBC, Kamis (18/02).

Menanggapi hal itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok juga memperingatkan Australia agar tidak terlibat terlalu jauh hingga merusak upaya diplomatis antar negara yang mempersengketakan perairan itu. 

Selain itu, Tiongkok juga meminta pihak Australia untuk mematuhi pandangan terkait langkah pengadilan yang melanggar konsensus dan tidak mematuhi hukum internasional.

Comment

COPYRIGHT © MONITORDAY.COM 2016 ALL RIGHTS RESERVED
Back to Top
counter hit xanga