BERITA

Reshufle Kabinet Jilid II

Sri Mulyani Dipanggil Pulang Khusus untuk Tangani Tax Amnesty?

Sri Mulyani (Forbes) Sri Mulyani (Forbes)
MONITORDAY.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Sri Mulyani Indrawati sebagai Menteri Keuangan menggantikan Bambang Brodjonegoro dalam perombakan Kabinet Kerja jilid kedua. Sementara Bambang digeser posisinya menjadi Menteri PPN/Kepala Bappenas.

Sri Mulyani yang sebelumnya adalah Managing Director and Chief Operating Officer Bank Dunia selama enam tahun sejak 2010, dinilai memiliki pengalaman dimana dia pernah menjabat Menteri Keuangan pada pemerintahan Presiden RI Keenam Susilo Bambang Yudhoyono periode 2005-2010.

Kembalinya Sri Mulyani ke struktur Pemerintahan Indonesia diyakini sebagai upaya Jokowi untuk mengoptimalkan penanganan terhadap dana repatriasi dari program tax amnesty alias pengampunan pajak yang saat ini menjadi concern penuh Jokowi.

Fokus itu juga nampak dari agenda Sidang Paripurna Kabinet yang lagsung digelar usai pengumuman reshufle, dimana salah satu bahasannya yakni tentang pagu indikatif APBN 2017 yang sekaligus berkaitan langsung dengan tax amnesty. 

Amnesti pajak menjadi pekerjaan rumah yang harus disukseskan oleh para menteri baru, dan Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan akan menjadi core-nya.

Comment

COPYRIGHT © MONITORDAY.COM 2016 ALL RIGHTS RESERVED
Back to Top
counter hit xanga