Kolom Monitor

Oleh:

[Opini] Tantangan Kaum Muda di Era Globalisasi

Susianah Affandy Susianah Affandy
Di hari sumpah pemuda tahun 2016 ini kita sebagai bangsa harus merenungi bagaimana kaum muda memposisikan diri dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Seiring dengan kemajuan teknologi dan komunikasi digital, kaum muda menghadapi tantangan yang berbeda dengan generasi sebelumnya.

Psikolog Remaja James E Gardner menyebut masa muda sebagai masa kritis karena di dalamnya merupakan transisi dari kanak-kanak menuju dewasa. Banyak kejutan terjadi di masa kini. Kejutan itu tidak semata pada perubahan fisik, namun juga terjadi perkembangan pemikiran, ideologi, orientasi seksual, orientasi sosial dan lain sebagaimanya. 

Perubahan Orientasi

Kita sebagai orang tua, tidak bisa mengajarkan kepada anak-anak muda di masa kini untuk memaknai “menuntut ilmu setinggi langit” dengan batasan pengertian “pergi ke sekolah, mengerjakan PR, mengikuti ujian dan kemudian menerima rapot”. Nilai-nilai dalam rapor saat ini tidak memberi jaminan bagi anak-anak kita meraih sukses dalam kehidupannya. 

Kenyataannya tidak sedikit para sarjana terbaik kesulitan beradaptasi ditempat kerja, mudah tersinggung dan kemudian menjadi pengangguran. Survey yang diterbitkan oleh National Association of Colleges and Employers USA yang dikutip oleh OASE tahun 2015 tentang kualitas lulusan perguruan tinggi yang diharapan dunia kerja menempatkan Indeks Prestasi (IP) menempati urusan ke-17 dari hasil survey tersebut. 

Comment

TERPOPULER

Senin 13 Februari 2017 | 08:49 WIB

Senin 23 Januari 2017 | 09:24 WIB

Opini

Rabu 18 Januari 2017 | 11:12 WIB

Kamis 01 Desember 2016 | 20:37 WIB

COPYRIGHT © MONITORDAY.COM 2016 ALL RIGHTS RESERVED
Back to Top
counter hit xanga