Tips Dan Kesehatan

Laporan:

Mengenal Penyakit Kanker Hati yang Diderita Politikus Sutan Bhatoegana

Kondisi Sutan Bhatoegana saat dijenguk rekan sesama politikus Partai Demokrat Max Sopacua Kondisi Sutan Bhatoegana saat dijenguk rekan sesama politikus Partai Demokrat Max Sopacua
MONITORDAY.com - Mantan anggota DPR RI yang juga politikus Partai Demokrat, Sutan Bhatoegana tengah menjadi pembicaraan publik. Bukan terkait dengan kasus korupsi di Kementerian ESDM yang mejeratnya menjadi penghuni lembaga pemasyarakatan sukamiskin, namun Politikus yang termasyhur dengan ungkapan "Ngeri-ngeri Sedap" tersebut tengah menderita sakit parah sehingga kondisinya sangat memprihatinkan. Sutan terlihat kurus dan terbaring lemas di sebuah rumah sakit di bogor karena divonis menderita penyakit kanker hati. Lalu seperti apa penyakit yang lebih dikenar dengan istilah liver tersebut?

Dilansir dari alodokter.com, Kanker hati adalah kanker yang bermula dari organ hati atau liver. Ada dua klasifikasi kanker hati berdasarkan lokasi pertumbuhan atau penyebarannya (metastasis), yaitu kanker hati primer dan sekunder. Kanker hati primer adalah kanker yang berawal di organ hati dan termasuk jenis kanker yang berpotensi fatal. Kanker hati sekunder bermula dari bagian tubuh lain kemudian menyebar dan tumbuh di organ hati.

Salah satu jenis kanker hati yang paling umum adalah hepatocellular carcinoma (HCC)/hepatoma yang merupakan kanker hati primer yang berkembang dari sel hati utama yang bernama hepatosit. HCC terjadi sekitar 75% dari keseluruhan kanker hati primer. Kanker ini dapat merupakan komplikasi dari penyakit hepatitis (peradangan pada organ hati) dan kondisi sirosis (jaringan hati normal digantikan oleh jaringan parut).

Kanker hati sekunder umumnya dinamakan menurut organ asal lokasi sel kanker awal berkembang, seperti kanker kolon metastasis, yang bermula di usus besar kemudian menyebar ke hati. Kanker hati sekunder lebih sering terjadi dibandingkan kanker hati primer. Selain penyebaran dari kanker di usus besar, kanker hati sekunder juga banyak berasal dari penyebaran kanker payudara, paru, pankreas, lambung, ovarium, dan kulit (melanoma).

Menyerang Fungsi Organ Hati

Comment

TERPOPULER

Kamis 01 Desember 2016 | 22:26 WIB

Wedding Celebration Festival 2016

Kamis 01 Desember 2016 | 00:59 WIB

Selasa 29 Nopember 2016 | 02:30 WIB

Selasa 29 Nopember 2016 | 00:20 WIB

COPYRIGHT © MONITORDAY.COM 2016 ALL RIGHTS RESERVED
Back to Top
counter hit xanga