Opini

Oleh:

Meruwat Kebersamaan,  Merawat Nilai Kebangsaan

MH Said Abdullah, Wakil Ketua Banggar DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan MH Said Abdullah, Wakil Ketua Banggar DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan
Setiap warga, agak sulit dibuat seragam dari berbagai perpspektif. Ungkapan, perasaan dan cara pandang, sebentuk tamsil saat dimana perbedaan itu kerapkali terjadi. Dalam bahasa Arab, tidak sama itu berarti ikhtilaf. Di dalam perbedaan, selalu ada rahmat. 

Hikmah inilah yang hendak ditampilkan tanpa mengedepankan perbedaan dan memperuncing keadaan. Sebab segala bentuk perbedaan itu senantiasa dibingkai Bhinneka Tunggal Ika, Benni Geneka Keng Tongelle Geneka (Madura). Semua perbedaan itu, merunut nilai yang melekat pada substansi demokrasi dan makna kebangsaan. 

Ketika terjadi unjuk rasa pada tanggal 4 November 2016 lalu, orang-orang sedang mengekspresikan dirinya sebagai warga bangsa yang dilindungi undang-undang untuk menyatakan gagasan dan atau berbeda pendapat. Ada satu cermin yang mungkin saja retak tetapi ditafsir secara berkotak-kotak. Bila cermin retak itu adalah kaca dalam bingkai, maka keseluruhan yang retak itu masih dalam satu kotak pigura yang utuh, nusantara. 

Oleh karena itu, ada dua model yang bisa dipilih oleh siapapun yang berkeinginan untuk memungut serpihan-serpihan itu. Pertama, apakah akan membuat retakan-retakan itu kian terburai, ataukah kedua, pecahan-pecahan itu akan dirawat dalam bingkai yang sama sebagai bentuk keutuhan bertatakaca? Pada saat siapapun tidak memungkinkan untuk memilih kedua-duanya, pastilah pilihannya mengambil salah satu diantaranya. Yakni, memilih yang lebih baik diantara yang baik atau mengambil yang terbaik dari (misalnya) yang terjelek. 

Peristiwa yang terjadi dalam unjuk rasa 4 November lalu, sebenarnya ia hanya momentum bagi siapa saja untuk mengambil yang terbaik. Ia adalah jeda untuk sadar diri bahwa telah terjadi sesuatu yang tidak lazim. Ketidaklaziman itu tak lain adalah ancaman disintegasi antarwarga yang ujung-ujungnya akan berimbas pada tantangan keutuhan yang lebih besar, negara. 

Comment

TERPOPULER
COPYRIGHT © MONITORDAY.COM 2016 ALL RIGHTS RESERVED
Back to Top
counter hit xanga