Opini

Oleh:

Kekerasan Dalam Pengasuhan Anak

Susianah Afandy Susianah Afandy
MONITORDAY.com - Kekerasan terhadap anak, baik anak sebagai korban maupun sebagai pelaku kita saksikan hampir tiap hari. Survey KPAI merilis angka kekerasan anak setiap tahunnya mencapai 781.000 kasus (dari data yang dilaporkan), atau dalam setiap 1-2 menit terjadi kekerasan terhadap anak di Indonesia. Trend kekerasan terhadap anak kini justru kian miris karena dilakukan oleh orang terdekat, keluarga, ayah dan Ibu serta lingkungan sekolah yang seharusnya memberikan perlindungan.

Orang tua dan keluarga Indonesia banyak yang tidak memahami bahwa kekerasan yang dilakukan kepada anak membawa dampak turun temurun warisan kekerasan dalam pola pengasuhan. Anak-anak yang setiap harinya mendapatkan kekerasan di rumah dan lingkungannya, kekerasan tersebut akan mereka rekam dalam memorinya, dan kemudian menirunya dalam kehidupan sehari-hari. Inilah penyebab mata rantai kekerasan sulit di putus karena setiap generasi mewariskan kekerasan kepada generasi berikutnya.

Suatu daerah yang masyarakatnya temperamental, “daerahnya orang marah”, sesungguhnya telah terjadi akulturasi “marah” dalam kehidupan sehari-hari. Jika warga masyarakat tersinggung, maka lampiasnya adalah marah. Jika masyarakat merasakan ketidak adilan, tumpahan rasanya diwujudkan dalam bentuk marah. Ironisnya, marahnya orang dewasa di banyak tempat kerapkali di arahkan pada anak-anak. Istri yang marah kepada suami yang selingkuh, luapannya disasarkan pada anak, buah hati yang seharusnya dilindunginya. Dalam kondisi marah seperti ini, sepertinya apapun yang dilakukan anak di mata orang tua “salah” dan sungguh miris untuk hal tersebut anak mendapat hukuman.

Spontan dan Membentuk Kultur

Berangkat dari “marah” itulah sebagian besar orang tua melakukan kekerasan fisik dan psikis kepada anak. Dalam buku pedoman “Mari Kita Akhiri Kekerasan Pada Anak” terbitan Indonesia Heritage Foundation tahun 2008 dijelaskan bagaimana marah dan kekerasan orang tua kepada anaknya dalam pola pengasuhan berdampak buruk pada jangka panjang.

Comment

TERPOPULER

Senin 13 Februari 2017 | 08:49 WIB

Senin 23 Januari 2017 | 09:24 WIB

Opini

Rabu 18 Januari 2017 | 11:12 WIB

Kamis 01 Desember 2016 | 20:37 WIB

COPYRIGHT © MONITORDAY.COM 2016 ALL RIGHTS RESERVED
Back to Top
counter hit xanga