Asia Dan Afrika

Bertempur di Sulu, Militer Filipina Tewaskan 10 Anggota Abu Sayyaf

Ilustrasi gambar: Kelompok Abu Sayyaf./Ist Ilustrasi gambar: Kelompok Abu Sayyaf./Ist
MONITORDAY.com, Manila - Juru bicara militer regional Filipina, Senin (12/12), mengatakan, telah terjadi baku-tembak sengit antara personel militer pemerintah dan anggota kelompok Abu Sayyaf pada akhir pekan di Filipina Selatan. Dalam pertempuran yang berlangsung selama dua jam lebih itu sepuluh anggota Abu Sayyaf dinyatakan tewas dan enam lagi cedera.

Dikatakan juru Bicara Komando Militer Mindanao Barat, Mayor Filemon Tan, baku tembak itu terjadi sekitar pukul 10.00 waktu setempat Sabtu (10/12) di desa terpencil Patikul, Provinsi Sulu, dimana prajurit militer Filipina berhadapan dengan 150 anggota Abu Sayyaf.

Tiga prajurit pemerintah juga tewas dan 21 lagi cedera dalam baku-tembak tersebut.

Lima dukungan udara dan pendukung lain diberikan bagi tentara yang terlibat pertempuran. Satuan militer dari wilayah yang berdekatan juga memasang penghalang dan melancarkan operasi perburuan sementara korban jiwa segera dibawa ke rumah sakit yang berada tak jauh dari lokasi bentrokan, tambah Tan.

Anggota Abu Sayyaf telah melancarkan serangkaian serangan dan perampokan di Filipina Selatan serta Laut Sulu, termasuk penculikan untuk minta tebusan, pengeboman, pengutipan, serta serangan terhadap desa di Provinsi Sulu dan Basilan yang miskin, sejak awal 1990-an.

Comment

TERPOPULER
COPYRIGHT © MONITORDAY.COM 2016 ALL RIGHTS RESERVED
Back to Top
counter hit xanga