Asia Dan Afrika

Balas Bom Istanbul, Turki Serang Basis Milisi Kurdi

Ilustrasi gambar/Ist Ilustrasi gambar/Ist
MONITORDAY.com, Istanbul - Militer Turki melakukan serangan yang menyasar kantung-kantung milisi Kurdi, kelompok yang dianggap bertanggung jawab atas dua pemboman di Istanbul yang terjadi Sabtu (10/12) malam.

Pada Minggu (11/12) malam, pesawat-pesawat tempur Turki menggempur objek-objek yang dimiliki Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang merupakan sayap militer Kurdi di Irak utara, dan menghancurkan markas militan serta posisi dan tempat penyimpanan senapan di sekitarnya.

Serangan yang disebut mentargetkan wilayah Zap di Irak, terjadi beberapa jam setelah satu cabang PKK mengaku bertanggung jawab atas dua pemboman, yang menewaskan 38 orang dan melukai 155 lainnya di luar sebuah stadion sepak bola Istanbul.

Kelompok milisi PKK, yang telah berperang selama pemberontakan tiga dasawarsa di wilayah mayoritas Kurdi di sebelah tenggara Turki, berbasis di pegunungan Irak utara dan telah secara teratur menjadi target pesawat-pesawat tempur Turki sejak gencatan senjata selama dua tahun akhirnya "hancur" pada bulan Juli tahun lalu.

Lebih dari 40 ribu orang telah tewas dalam konflik tersebut, termasuk beberapa ribu yang tewas sejak pertempuran dimulai kembali pada tahun lalu.

Comment

TERPOPULER
COPYRIGHT © MONITORDAY.COM 2016 ALL RIGHTS RESERVED
Back to Top
counter hit xanga