Sosial Dan Budaya

Laporan:

BNPT Cari Formulasi Cegah Aksi Teror di Lingkungan Sekolah

Deputi I bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Mayjen TNI Abdul Rahman Kadir Deputi I bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Mayjen TNI Abdul Rahman Kadir
MONITORDAY.com, Denpasar - Aksi terorisme yang terjadi selama ini berkembang sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kelompok organisasi teroris semakin berani menunjukkan eksistensinya dengan melancarkan aksinya, baik berupa ancaman maupun aksi teror secara langsung. Kelompok teroris dalam melakukan aksinya tidak memilih tempat lagi seperti simbol simbol barat. Tapi juga sudah mulai menyasar kelingkungan sekolah.

Hal tersebut dikatakan Deputi I bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Mayjen TNI Abdul Rahman Kadir dalam dambutannya saat membuka acara Sosialisasi Operasional Prosedur (SOP) penanganan Aksi Terorisme di Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK/Sekolah Internasional) TA 2016 yang diadakan Subdit Pengamanan Lingkungan Direktorat Perlindungan BNPT  di Hotel Ramada Bintang Resort, Bali, Rabu (14/12) malam.

"Kejadian aksi teror yang terjadi di lingkungan sekolah terutama di luar negeri dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir telah menimbulkan banyak korban jiwa," ujar Mayjen Abdul Rahman Kadir.

Abdul Rahman mencontohkan, kelompok bersenjata separatis yang mengatasnamakan Islam menyandera ratusan siswa di sekolah yang berada di Beslan, Rusia pada tahun 2004 lalu. Kemudian serangan aksi teror di lingkungan sekolah yang terjadi di wilayah Qaboun, timur Damaskus pada November 2014 silam.

"Aksi ini merupakan kelanjutan dari rangkaian aksi teror ke sekolah, pelajar, mahasiswa dan guru Suriah. Tindakan tersebut tentu saja sebagai upaya untuk menarik perhatian publik, sehingga diberitakan media dan menimbulkan rasa cemas dan ketakutan luas di kalangan masyarakat," tandasnya.

Comment

TERPOPULER
COPYRIGHT © MONITORDAY.COM 2016 ALL RIGHTS RESERVED
Back to Top
counter hit xanga