Parlemen

DPR Sahkan UU Batas Laut Indonesia-Singapura

Ilustrasi gambar/Ist Ilustrasi gambar/Ist
MONITORDAY.com, Jakarta - Rapat paripurna DPR menyetujui UU Perjanjian Indonesia dan Singapura tentang Penetapan Garis Batas Laut Wilayah Kedua Negara di bagian timur Selat Singapura menjadi undang undang.

UU tersebut disahkan dalam rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, di Gedung Parlemen, Jakarta, Kamis (15/12).

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi I DPR, Mayor Jenderal TNI (Purnawirawan) Asril Tanjung, membacakan laporan mengenai RUU Perjanjian Indonesia dan Singapura tentang Penetapan Garis Batas Laut Wilayah Kedua Negara di Bagian Timur Selat Singapura.

Pada kesempatan tersebut, Tanjung mengatakan, UU ini menetapkan garis-garis batas laut yang berada di sebelah timur Selat Singapura, sehingga dapat memberikan kepastian hukum tentang wilayah kedaulatan Indonesia.

Menurut dia, perjanjian ini juga untuk melindungi kepentingan Indonesia di Selat Singapura sekaligus menjadi landasan bagi aparat penegak hukum dari kedua negara untuk menindak kejahatan lintas batas negara sesuai dengan peraturan perundang-undangan nasional.

Comment

COPYRIGHT © MONITORDAY.COM 2016 ALL RIGHTS RESERVED
Back to Top
counter hit xanga