Sosial Dan Budaya

Laporan:

Umat Muslim Diminta Teladani Nabi Muhammad SAW untuk Jaga NKRI

Prof. Yusny Saby prihatin dengan ancaman disintegrasi bangsa yang semakin nyata Prof. Yusny Saby prihatin dengan ancaman disintegrasi bangsa yang semakin nyata
MONITORDAY.com, Jakarta - Umat Muslim di Indonesia diharapkan melakukan instropeksi terutama dalam menyikapi situasi dan kondisi kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam menyikapi situasi dan kondisi sudah seharusnya umat Muslim berpegang dan menteladani Nabi Muhammad SAW.

"Nabi Muhammad SAW adalah pemimpin umat yang patut dicontoh dan diteladani terutama dalam setiap menyelesaikan masalah umatnya. Jadi siapa saja yang mendeklarasikan diri sebagai umat Muhammad, wajib mengikuti beliau, terutama menjalankan kebaikan yang telah diajarkan dan menjauhi larangannya," tutur Prof. Yusny Saby, Guru Besar dan peneliti Pusat Penelitian & Pengkajian Kebudayaan Islam, UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, Jumat (16/12). 

"Itu penting karena akhir-akhir ini umat Muslim dihadapkan dengan banyak cobaan dalam menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. Jika salah dalam menyikapi, maka akan jadi masalah besar," sambungnya. 

Seperti diketahui, umat Muslim di Indonesia tengah dihadapkan pada ujian berupa kasus penistaan agama yang diduga dilakukan calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Dalam menyikapi ujian itu, umat Muslim tergerak untuk melakukan aksi unjuk rasa besar-besaran. 

Padahal, kata Prof Yusny, memilih opsi menggelar unjuk rasa besar-besaran seperti dalam aksi bertajuk 411 dan 212 lalu, sangat rawan terjadinya disintegrasi bangsa. Selain itu berpotensial ditunggangi kelompok terorisme untuk melakukan aksi di Indonesia. Terbukti beberapa waktu kemarin, upaya kelompok teroris yang ingin membom Istana Negara, berhasil digagalkan kepolisian. 

Comment

TERPOPULER
COPYRIGHT © MONITORDAY.COM 2016 ALL RIGHTS RESERVED
Back to Top
counter hit xanga