Ekonomi

Pertama dalam Sejarah RI, Uang Rupiah Baru Muncul Bersama

Pecahan uang rupiah baru Tahun Emisi (TE) 2016 dikeluarkan secara serentak pada Senin (19/12). (istimewa) Pecahan uang rupiah baru Tahun Emisi (TE) 2016 dikeluarkan secara serentak pada Senin (19/12). (istimewa)
MONITORDAY.com, Jakarta- Bank Indonesia (BI) secara resmi telah meluncurkan 11 uang rupiah baru pada Senin (19/12). Pecahan uang rupiah baru ini dikeluarkan secara serentak.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, pengeluaran uang baru ini merupakan momen spesial bagi Indonesia. Lantaran baru kali ini BI mengeluarkan pecahan baru secara serentak.

"Pengeluran pengedaran momen spesial, pertama kalinya dilakukan serentak sejak Indonesia merdeka," kata dia saat peluncuran uang baru di Gedung BI, Jakarta, Senin (19/12).

Dia mengatakan, pengeluaran uang baru ini ditujukan sebagai upaya mewujudkan mata uang yang bermartabat dan berdaulat. Terlebih, rupiah ialah simbol kedaulatan negara. "Rupiah adalah simbol kedaulatan negara yang dihormati," ujar dia.

Dia mengatakan, adanya uang baru ini maka uang yang sebelumnya tetap berlaku. Asal, ujar dia, uang itu tidak ditarik peredarannya oleh BI. Lantaran Pasalnya, pemerintah memberikan restu penggunaan gambar pahlawan pada uang rupiah tersebut.

Comment

COPYRIGHT © MONITORDAY.COM 2016 ALL RIGHTS RESERVED
Back to Top
counter hit xanga