Timur Tengah

Mengintip Indahnya Warisan Peradaban Dunia di Aleppo Sebelum Perang

Orang berjalan di dalam masjid Umayyah Aleppo ini, Suriah 12 Maret 2009. (REUTERS) Orang berjalan di dalam masjid Umayyah Aleppo ini, Suriah 12 Maret 2009. (REUTERS)
MONITORDAY com, Aleppo - Sebelum perang, benteng kuno Aleppo, Suriah menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan mancanegara sebagai salah satu harta terbesar di Timur Tengah.

Namun, empat tahun terakhir benteng batu yang tinggi itu telah berada di garis depan antara tentara Suriah dan sekutunya melawan pemberontak yang banyak menduduki wilayah di sekitar benteng kota tua itu.

tiba-tiba kemajuan oleh tentara menyebabkan gencatan senjata pekan lalu, menyebabkan evakuasi pemberontak dan warga sipil, mengakhiri perang di Aleppo dan menempatkan kota sepenuhn ya ke tangan pemerintah.

Dari gambar-gambar yang diabadikan oleh jurnalis Reuters sebelumnya, nampak bagaimana kota tersebut kini terluka oleh serangan-serangan udara, pertempuran jalanan, kebakaran yang diabaikan selama bertahun-tahun.

Nasib Aleppo, tercatat oleh PBB sebagaoi Situs Warisan Dunia, telah menjadi kecemasan besar bagi warga, arkeolog, sejarawan dan wisatawan, bahkan saat mereka putus asa atas penderitaan yang disebabkan oleh pertempuran.

Comment

TERPOPULER
COPYRIGHT © MONITORDAY.COM 2016 ALL RIGHTS RESERVED
Back to Top
counter hit xanga