Peristiwa

Laporan:

Derasnya Serbuan TKA asal Tiongkok, Roy Suryo Khawatir, Kalau...

Politikus Partai Demokrat Roy Suryo Politikus Partai Demokrat Roy Suryo
MONITORDAY.com, Jakarta - Gelombang kedatangan tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok benar-benar membuat politikus Partai Demokrat Roy Suryo gelisah. Itu karena, mantan Menpora RI itu menganggap, serbuan TKA itu menunjukkan gelagat ekspansi yang bisa mengancam kedaulatan Indonesia.

"Awalnya kerja sama usaha. (Lalu) masuk tenaga kerja Cina sebanyak-banyaknya. Mereka bikin daerah atau kavling terbatas sendiri," urai Roy Suryo dalam keterangan persnya.

"Lalu boleh mendirikan ormas asing. Bikin pasukan dan satgas sendiri. Lalu asing boleh beli properti dan tanah sendiri, lalu dapat KTP dan hak ikut pemilu," sambung Roy Suryo.

Berdasarkan catatan data Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, pertengahan tahun ini, WNA paling banyak melanggar kebijakan bebas visa adalah Cina, Bangladesh, Filipina, Irak, Malaysia, Vietnam, Myanmar, India, dan Korea Selatan.

Warga negara Tiongkok menduduki peringkat pertama dengan jumlah yang cukup signifikan, yaitu 1.180 pelanggaran pada Januari-Juli 2016. Sementara urutan berikutnya diikuti warga negara Bangladesh (172), Filipina (151), dan Irak (127). 

Comment

TERPOPULER
COPYRIGHT © MONITORDAY.COM 2016 ALL RIGHTS RESERVED
Back to Top
counter hit xanga