Eropa Dan Amerika

Selangkah Lagi, Perempuan Muslim Dicalonkan Jadi PM Rumania

Sevil Shhaideh calon perdana menteri Rumania yang berasal dari etnis Muslim. (ibtimes.co.uk) Sevil Shhaideh calon perdana menteri Rumania yang berasal dari etnis Muslim. (ibtimes.co.uk)
MONITORDAY.com, Bukares- Secara mengejutkan, partai politik terbesar di Rumania mencalonkan seorang perempuan dari etnis minoritas Tatar untuk menjadi perdana menteri.

Jika penunjukkannya disetujui presiden dan DPR setempat, maka Sevil Shhaideh, tercatat sejarah sebagai perempuan dan muslim pertama yang menduduki posisi tersebut.

Partai Demokrat Sosial dilaporkan mencetak kemenangan dalam pemilu pada 11 Desember lalu, dengan hasil suara mencapai lebih dari 45 persen. Bersama dengan dua partai lainnya, Aliansi Liberal dan Demokrat, mereka memiliki mayoritas kursi di DPR.

Namun pemimpin Partai Demokrat Sosial, Liviu Dragnea melihat penunjukkannya hanya akan menimbulkan masalah. Saat ini ia tersangkut kasus kecurangan pemilu dan tengah menjalani hukuman percobaan selama dua tahun sejak April lalu.

Selain itu, Presiden Klau Iohannis menekankan bila perdana menteri berikutnya haruslah bersih dari belitan kasus hukum atau penyelidikan. Sehingga, Partai Demokrat Sosial pun memilih Sevil Shhaideh (52), mantan menteri pembangunan daerah selama 6 bulan pada 2015.

Comment

TERPOPULER
COPYRIGHT © MONITORDAY.COM 2016 ALL RIGHTS RESERVED
Back to Top
counter hit xanga