Timur Tengah

Laporan:

Dianggap Ilegal, DK PBB Instruksikan Israel Stop Pembangunan Pemukiman Yahudi di Pelestina

Jalur Gaza masih memanas Jalur Gaza masih memanas
MONITORDAY.com, Ramallah - DK PBB menginstruksikan kepada pemerintah Israel agar menghentikan seluruh proyek pembangunan permukiman di tanah Palestina yang sebelumnya diklaim. Instruksi itu tertuang dalam resolusi DK PBB.

Dalam pengambilan keputusan itu, Amerika Serikat (AS) yang berpihak kepada Israel memilih abstain alias tidak ikut memveto. Meski begitu, keputusan tetap sah dan Israel harus menghentikan proyek pembangunan pemukiman di wilayah Palestina.

"Keputusan itu kemenangan bagi hukum internasional," ucap kepala runding Palestina, Saeb Erekat, kepada wartawan mengomentari resolusi DK PBB tersebut.

Resolusi itu awalnya dirancang oleh Mesir dan empat negara lain. Tetapi, negara Afrika itu mundur setelah Presiden Abdel Fattah al-Sisi berbicara dengan Presiden terpilih Trump yang sudah didesak Israel untuk campur tangan.

Meski tanpa Mesir, empat negara pengusul resolusi yaitu Malaysia, Selandia Baru, Senegal dan Venezuela terus berjuang. Resolusi akhirnya disahkan dengan dukungan 14 suara dan satu suara abstain.

Comment

TERPOPULER
COPYRIGHT © MONITORDAY.COM 2016 ALL RIGHTS RESERVED
Back to Top
counter hit xanga