Timur Tengah

Laporan:

PM Israel Ogah Patahui Resolusi DK PBB

PM Israel Benjamin Netanyahu PM Israel Benjamin Netanyahu
MONITORDAY.com, Tel Aviv - Pemerintah Israel kesal dengan resolusi DK PBB yang memerintahkan penghentian seluruh proyek permukiman di tanah Palestina yang diduduki. Israel memastikan tidak akan mengikuti instruksi DK PBB tersebut.

Pembangkangan Israel ini disampaikan pihak kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, "Israel menolak resolusi anti-Israel yang memalukan di PBB dan tidak akan mematuhi ketentuan-ketentuannya," bunyi pernyataan dari kantor PM Netanyahu, seperti dikutip Reuters, Sabtu (24/12).

Israel juga meluapkan kekecewaannya pada Pemerintah Amerika Serikat (AS) yang memilih abstain dan tidak memveto resolusi DK PBB tersebut. "Pemerintahan Obama gagal melindungi Israel terhadap gang-up di PBB," sambung seraya mengatakan "Bahkan yang lebih buruk, berkolusi dengan itu di belakang layar."

Resolusi untuk menekan Israel menghentikan seluruh proyek permukiman ilegal ini diusulkan oleh Mesir, Malaysia, Selandia Baru, Senegal dan Venezuela. Tapi, Mesir memilih mundur setelah ada lobi presiden terpilih AS Donald Trump yang sebelumnya didesak Netanyahu untuk campur tangan.

Meski demikian, empat negara pengusul resolusi tetap berjuang. Resolusi disahkan dengan dukungan 14 suara dan satu suara abstain. 

Comment

TERPOPULER
COPYRIGHT © MONITORDAY.COM 2016 ALL RIGHTS RESERVED
Back to Top
counter hit xanga