Ekonomi

Menkeu Dorong Pelaku Usaha Dari Kalangan NU Gunakan Isntrumen Keuangan Syariah

Nahdlatul Ulama (NU) Expo di Gedung JX International Surabaya, Jawa Timur Nahdlatul Ulama (NU) Expo di Gedung JX International Surabaya, Jawa Timur
MONITORDAY.com, Surabaya - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mendorong pelaku usaha, khususnya dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU), untuk menggunakan instrumen keuangan syariah dalam membantu permodalan demi pengembangan usahanya.

Saat menutup Nahdlatul Ulama (NU) Expo di Gedung JX International Surabaya, Jawa Timur, Sabtu, Menkeu berharap pelaku usaha warga Nahdliyin itu sekaligus bisa menjadi motor penggerak ekonomi syariah di tanah air. 

Sri Mulyani mengisahkan, sistem keuangan syariah dikembangkan pemerintah Indonesia untuk bangkit dari keterpurukan krisis ekonomi yang disebabkan oleh sistem keuangan konvensional yang bunganya terbukti sangat mencekik di tahun 1997.

"Sejak itu, kita buat segala perangkat pendukungnya. Perundangundangan untuk mendukung penerapan keuangan syariah telah rampung semuanya pada 2008, mulai dari UU Perbankan Syariah, UU Surat Berharga Syariah Negara, termasuk merevisi amandemen UU perasuransian, semuanya sudah kita miliki," terangnya, melalui rilis yang diterima.

Persoalannya, satu dekade berjalan, hingga saat ini, percepatan ekonomi syariah yang telah dikembangkan pemerintah masih jauh dari yang diharapkan. Namun Sri Mulyani meyakini, dengan penduduk Indonesia yang mayoritas muslim, sistem keuangan syariah masih sangat berpotensi besar. 

TAG BERITA

Comment

TERPOPULER
COPYRIGHT © MONITORDAY.COM 2016 ALL RIGHTS RESERVED
Back to Top
counter hit xanga