Pemerintahan

Laporan:

Menkeu Sri Mulyani Bocorkan Keuntungan Naiknya Tarif STNK

Menteri Keuangan Sri Mulyani Menteri Keuangan Sri Mulyani
MONITORDAY.com, Jakarta - Mengawali tahun baru 2017, pemerintah mulai memberlakukan sejumlah peraturan baru terkait Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB). Salah satu yang menarik perhatian, yakni kenaikan tarif pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Selain itu, beragam perubahan tarif lainnya seperti penerbitan nomor registrasi kendaraan bermotor pilihan, surat izin serta STNK lintas batas negara, penerbitan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) baru dan ganti kepemilikan (mutasi) akan mulai diberlakukan pada 6 Januari 2017 mendatang.

Terkait kenaikan tarif, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan hal tersebut sangatlah wajar. Pasalnya, sejak tahun 2010 silam tarif kendaraan bermotor tidak lagi relevan dengan perkembangan terkini.

"Tarifnya sejak 2010 tidak pernah di-update. Ini sudah tujuh tahun. Jadi untuk tarif PNBP di kementerian lembaga memang harus disesuaikan, karena faktor inflasi maupun untuk jasa pelayanan yang lebih baik," ujar Sri Mulyani kepada wartawan, Rabu (4/1).

Menurutnya, dengan adanya kenaikan tarif PNBP tersebut maka pemerintah bisa menekan fenomena pungutan liar (pungli) dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Comment

TERPOPULER
COPYRIGHT © MONITORDAY.COM 2016 ALL RIGHTS RESERVED
Back to Top
counter hit xanga