Pemerintahan

Laporan:

Nama Sri Mulyani Masuk 'Kotak' Menteri yang Direshuffle?

Menkeu Sri Mulyani dikabarkan akan direshuffle Menkeu Sri Mulyani dikabarkan akan direshuffle
MONITORDAY.com, Jakarta - Performa Kabinet Kerja pemerintahan Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla kembali disorot. Ya, sejumlah kalangan menganggap sebagian dari para menteri tidak maksimal dalam menjalankan tugasnya.

Tak ayal, para pengamat atau pemerhati politik banyak yang berspekulasi dalam waktu dekat ini Presiden Joko Widodo akan kembali melakukan reshuffle menteri. Kali ini, Jokowi diprediksi akan membongkar tim ekonomi.

Prediksi itu tidak berlebihan. Pasalnya, tim ekonomi yang sekarang terkesan lambat memberikan respon yang pas untuk berbagai persoalan yang lebih substansial. Misalnya, riset yang dilakukan JP Morgan dianggap sebagai 'serangan' terhadap stabilitas sistem keuangan nasional. Dan langkah menghentikan hubungan kemitraan dengan lembaga keuangan terbesar di Amerika Serikat itu dianggap kurang tepat.

Menteri Keuangan Sri Mulyani pun dianggap gagal meski selama ini dikenal sebagai sosok yang tahu luar dalam IMF dan Bank Dunia. Seharusnya, Sri Mulyani memiliki kemampuan dalam menjalin komunikasi dengan lembaga-lembaga keuangan besar dari blok AS.

Di lain hal, apa pun keputusan Kemenkeu RI masyarakat internasional rasa-rasanya tetap lebih mempercayai riset JP Morgan dibandingkan dengan kemampuan Indonesia memperkuat fundamental ekonomi di tengah bayang-bayang krisis yang sedemikian rupa.

Comment

COPYRIGHT © MONITORDAY.COM 2016 ALL RIGHTS RESERVED
Back to Top
counter hit xanga