Pemerintahan

Laporan:

Apresiasi Program Deradikalisasi BNPT, Dubes Arab Saudi: Negara Lain Tidak Punya

Kepala BNPT Konjem Pol Suhardi Alius bersama Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Kepala BNPT Konjem Pol Suhardi Alius bersama Dubes Arab Saudi untuk Indonesia
Lebih lanjut dijelaskan, "BNPT merupakan miniatur seluruh lembaga pemerintahan di Indonesia dimana melibatkan banyak instansi dalam penanggulangan terorisme seperti Kemenag, Kemendiknas, Kemenristekdikti, Kemensos, dan lain-lain. Karena untuk menanggulangi terorisme harus mulai dari hulu.sampai hilir sehingga dapat diselesaikan secara menyeluruh," tambahnya. 

Suhardi juga mengungkapkan langkah BNPT yang melibatkan para mantan komandan jihad dalam melakukan deradikalisasi. "Kami juga melibatkan orang-orang yang pernah menjadi komandan kelompok radikal. Dengan harapan, mereka bisa mempengaruhi komunitas yang masih berpotensi radikal. Karena ucapan mereka (mantan kombatan) ini lebih didengarkan dari pada kami yang dari pemerintahan," ujar alumni Akademi Polisi (Akpol) tahun 1985 ini.

Tidak hanya itu, dalam program deradikalisasi, BNPT berusaha melakukan pendekatan kepada keluarga para mantan napi terorisme ini. "Kami berusaha untuk menguraikan semua permasalahan yang ada di komunitas mereka sehingga simpul-simpul radikal ini bisa berkurang," ujarnya.

Penjelasan Suhardi itu mendapat apresiasi dari rombongan Dubes Arab Saudi. Mereka berjanji akan terus menjalin komuniasi dan koordinasi dengan pihak BNPT. Sebagai balasan atas sambutan hangat BNPT, pemerintah Arab Saudi meminta BNPT ganti berkunjung ke negara mereka. 

"Insya Allah minggu depan kami juga akan melihat ke sana (Arab Saudi). Kami juga berharap dapat poin-poin penting yang dapat kami implementasikan sebagai tambahan dalam program kami di Indonesia," tutur pria kelahiran Jakarta, 10 Mei 1962 ini.

Comment

TERPOPULER
COPYRIGHT © MONITORDAY.COM 2016 ALL RIGHTS RESERVED
Back to Top
counter hit xanga