Sosial Dan Budaya

Yenny Wahid: Kita Rindu Kedamaian Bangsa

Yenny Wahid/ net Yenny Wahid/ net
MONITORDAY.com, Jombang - Ribuan jemaah memenuhi Haul KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur di Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Sabtu malam (7/1). Mereka yang hadir, berasal dari berbagai daerah, lintas suku dan agama.

“Hadirnya ribuan jemaah dari berbagai daerah dalam Haul Gus Dur ini membuktikan bahwa masyarakat masih mencintai dan merindukan sosok Gus Dur, yang  konsisten selalu berpihak pada kaum lemah dan pembelaan pada minoritas,” kata Yenny Wahid, putri kedua Presiden ke-4 RI tersebut.

Menurut Yenni, Direktur The Wahid Institute, aktualisasi ajaran Gus Dur  memiliki arti sangat penting bagi bangsa dan negara. Terlebih, di tengah situasi kehidupan berbangsa yang terpecah belah karena faktor SARA, menguatnya sikap intoleransi dalam beragama, kebhinekaan yang mulai terusik, NKRI yang terancam karena radikalisasi paham keagamaan serta saling fitnah dan hujat berlatar perbedaan pandangan politik.

“Itu sebabnya, pikiran dan gagasan besar Gus Dur tentang humanisme dan pluralisme perlu untuk terus dikembangkan dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa," lanjut Yenny. 

Pemikiran kedamaian Gus Dur, menurut Yenny, juga telah disampaikan Presiden Jokowi dalam Haul Gus Dur di Ciganjur, akhir Desember lalu.

Comment

TERPOPULER
01
COPYRIGHT © MONITORDAY.COM 2016 ALL RIGHTS RESERVED
Back to Top
counter hit xanga