Pemerintahan

Cibiran Politikus PAN Terkait Wacana Penempatan WNA sebagai Dirut BUMN

Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan
MONITORDAY.com, Jakarta - Keinginan pemerintah untuk menempatkan orang asing sebagai Direktur Utama (Chief Executive Officer/CEO) di beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menuai protes dari berbagai kalangan, salah satunya dari Ketua Komisi VI DPR RI Teguh Juwarno.

"Apakah mungkin dari 200 juta lebih rakyat Indonesia, tidak ada yang memiliki kompetensi dan kapabilitas yang memadai untuk memimpin BUMN? Saat ini justru banyak putra-putri kita yang memiliki karir cemerlang di luar negeri, kenapa pemerintah tidak menarik mereka pulang saja, daripada harus mendatangkan orang asing," ucap Teguh, Kamis (12/1).

Menurutnya, wacana menempatkan warga negara asing sebagai Direktur Utama perusahaan plat merah sama saja dengan merendahkan kualitas sumber daya manusia para profesional Indonesia. Teguh menyebutkan, saat ini justru banyak putra-putri Indonesia yang menduduki posisi penting di perusahaan multinasional papan atas. Hal tersebut menunjukkan bahwa kualitas SDM kita tidak kalah dengan para profesional dari negara asing.

"Nasionalisme kita jangan hanya diperingati saat hari kemerdekaan saja, sementara kebijakan kita tidak berpihak ke anak bangsa. Di satu sisi pemerintah mendorong anak muda untuk mengisi peran-peran kebangsaan, tapi di sisi yang lain kok kita tidak percaya dengan SDM kita sendiri," tambah Teguh.

Ia pun menilai, pernyataan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan yang membandingkan posisi pelatih timnas sepak bola Indonesia yang kerap kali diisi oleh orang asing dengan posisi Direktur Utama BUMN sangatlah tidak relevan.

Comment

COPYRIGHT © MONITORDAY.COM 2016 ALL RIGHTS RESERVED
Back to Top
counter hit xanga