Gelar Rakernas, "Punguan Simbolon Dohot Boruna Indonesia" Selaraskan Program dengan Pemerintah

Paguyuban marga Simbolon (PSBI) memiliki anggota sebanyak 200.000 orang.

Gelar Rakernas,
Istimewa

MONITORDAY.COM - Paguyuban marga Simbolon atau yang dikenal dengan Punguan Simbolon Dohot Boruna Indonesia (PSBI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Batam, Kepulauan Riau, Kamis (12/12/2019).

Dalam acara itu, Ketua Umum PSBI, Effendi Simbolon mengatakan, sejak 15 tahun ini kegiatan organisasi PSBI fokus kepada upaya meningkatkan SDM.

"Kami memberikan pelatihan-pelatihan. Kami menyalurkan untuk ikut training di corporate, kerja sama dengan pemerintah," jelas Effendi.

Pria yang merupakan anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDIP itu menegaskan, paguyuban yang anggotanya sebanyak 200.000 orang jiwa itu juga sudah memikirkan cara menghadapi tantangan bangsa ke depan.

"Jadi, kami sekarang lebih fokus ke kaum milenial, kaum muda. Baik dalam pendidikan, lebih virtual, aplikasi dengan kita tetap tidak mengesampingkan masalah kekerabatan dengan seni dan budaya. Itu yang menjadi tonggak dari paguyuban ini," kata Effendi.

Dia menuturkan, meski paguyubannya berdasarkan budaya dan kekerabatan, bukan berarti tak melihat tantangan ke depan.

"Kami juga mempunyai kegiatan yang terkait dengan teknologi informasi. Di berbagai tempat, termasuk di Batam ini, anak mudanya sudah berkualitas. Kami selaras dengan program Pak Jokowi. Jadi, nyambung," kata Effendi.

Untuk diketahui, acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang digelar Punguan Simbolon Dohot Boruna Indonesia (PSBI) ini juga dihadiri Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto.