Pertamina Sampaikan Permohonan Maaf Soal Tumpahan Minyak di Karawang

Fajriyah Usman, VP Corporate Communication Pertamina menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat dan seluruh pihak yang terdampak tumpahnya minyak di pantai laut utara Jawa. 

Pertamina Sampaikan Permohonan Maaf Soal Tumpahan Minyak di Karawang
Ilustrasi foto/Net

MONITORDAY.COM – PT Pertamina (Persero) menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat dan seluruh pihak yang terdampak tumpahnya minyak di pantai laut utara Jawa.

“Pertamina menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat dan seluruh pihak yang terkena dampak dari kejadian ini. Kami bertanggung jawab dan berupaya maksimal untuk melakukan penanganan yang terbaik dengan prioritas adalah aspek keselamatan, kesehatan dan keamanan lingkungan," ujar VP Fajriyah Usman melalui keterangan resminya, Jum’at (26/07).

Menurut Fajriyah, untuk mengatasi hal ini Pertamina sudah bekerja sama dengan pihak-pihak berkualifikasi internasional yang sudah terbukti mampu dalam penanganan kejadian sejenis untuk mengatasi permasalahan ini.

“Doakan agar kejadian ini dapat segera tertangani,” tuturnya.

Peristiwa ini diduga terjadi anomali tekanan pada Anjungan YY milik PHE ONWJ yang menyebabkan adanya gelembung gas dan diikuti oleh tumpahan minyak. 

Pertamina telah melakukan sejumlah cara untuk menanganinya, termasuk menggunakan oil boom, fishing net dan mengerahkan puluhan kapal sebagai alat pendukung. Namun sebagian minyak yang tidak tertangkap karena cuaca/ombak tinggi pada akhirnya masih ada yang terbawa arus hingga mencapai pesisir pantai, termasuk Pantai Karawang. 

Pertamina bahkan melibatkan 100 personil TNI untuk menangani sebagian minyak yang tidak tertangkap di laut karena cuaca atau ombak.