5 Alasan Dasar Pertimbangan Masyarakat Memilih Partai Politik

5 Alasan Dasar Pertimbangan Masyarakat Memilih Partai Politik
Loga Partai Peserta Pemilu 2019/Foto: Istimewa

MONITORDAY.COM - Dalam survei yang dilakukan Voxpol Center pada 24 Februari s.d. 6 Maret 2019, menemukan ada lima alasan masyarakat yang dominan sebagai dasar pertimbangan untuk memilih partai politik.

Direktur eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago dalam keterangan tertulisnya, Senin (11/3), memaparkan, dari hasil survei alasan masayarakat yang paling dominan ketika memilih partai politik adalah, partai yang kebijakannya memihak kepada rakyat kecil, dengan persentase sebesar 20.5% masyarakat memilih alasan tersebut. 

Selain itu juga masyarakat memilih partai politik karena suka pada tokoh yang berada pada partai tersebut. "Sebesar 15.8% yang memilih partai karena figur dan suka pada tokoh partai tersebut," tuturnya.

Dan alasan yang ketiga terbanyak, masyarakat memilih partai karena partai tersebut membela agama dan memihak kepada kemajemukan. "13,8% masyarakat memilih partai dengan alasan partai tersebut membela agama dan memihak kepada kemajemukan, alasan ini berada di urutan ketiga," tambahnya.

Sedangkan di urutan keempat masyarakat memilih patai politik beralasan karena partai yang dipilihnya punya jalan keluar atas masalah warga, "sebesar 12,9% masyarakat yang beralasan seperti itu" ujarnya.

"Kemudian alasan yang berada di urutan lelima sebesar 6,3%, memilih karena ikut pilhan orang lain," tandas Direktur eksekutif Voxpol Center

Survei ini melibatkan 1.220 responden di seluruh provinsi di Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas. Setiap responden terpilih diwawancarai dengan metode wawancara tatap muka (face to face).