Menelaah Jawaban Prabowo Atas Pertanyaan Jokowi Terkait Soal Unicorn

Menelaah Jawaban Prabowo Atas Pertanyaan Jokowi Terkait Soal Unicorn
Jokowi Sedang Menanggapi Pernyataan Prabowo Terkait Unicorn Indonesia

MONITORDAY.COM - Pada acara debat kedua Capres Pemilu 2019, Minggu ( 17/02/2019 ) Jokowi menanyakan tentang pembangunan Infrastruktur untuk mengembangkan unicorn-unicorn di Indonesia. Unicorn adalah sebuah sebutan bagi startup yang memiliki nilai valuasi lebih dari US$1 miliar artinya apabila ada perusahaan yang memiliki valuasi US$1 miliar, maka jika ada yang ingin mengakuisisi perusahaan tersebut harus memiliki uang minimal US$1 miliar.

 

Dan di Indonesia sendiri sudah ada 4 perusahaan yang sudah bisa disebut sebagai Unicorn yaitu Gojek, Traveloka, Bukalapak, dan Tokopedia. Dan dari pertanyaan Jokowi tersebut terlihat bahwa beliau sudah menguasai dunia digital dan mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk menyongsong dunia modern kedepan. “saya kira prasarana yang kita bangun tentunya kita fasilitasi, kita kurangi regulasi” kata Prabowo menjawab pertanyaan Jokowi.

 

Jika dilihat dari jawaban tersebut Prabowo kurang memahami perkembangan teknologi digital dan dunia teknologi informasi. Karena sesungguhnya yang sebenarnya diperlukan untuk mengembangkan unicorn-unicorn ini adalah jaringan internet yang sudah merata disemua wilayah Indonesia sehingga para pebisnis kecil di bagian wilayah terpencil Indonesia bisa mengakses dan memanfaatkan internet bagi usaha-usaha mereka. Dan salah satunya adalah pembangunan infrastruktur dalam bentuk jaringan fiber optik, proyek Palapa Ring dan kapasitas bandwidth.

 

“Kondisi geografis Indonesia dengan distribusi penduduk yang tidak merata, dari perkotaan ke daerah terpencil, seperti di pegunungan, hutan dan laut menjadi tantangan bagi Indonesia untuk membangun koneksi internet dan membuatnya tetap berkualitas,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Farida Dwi Cahyarini dalam Internet Governance Forum 2017 di Markas PBB, Jenewa, Senin (18/12/2019), seperti dikutip dari laman Kominfo.

 

Sehingga pembangunan infrastruktur besar-besaran seperti jalan tol dan pelabuhan yang dilakukan oleh Jokowi sudah tepat untuk mempermudah akses pembangunan infrastruktur lain seperti internet ke daerah-daerah lain yang sulit terjangkau.

 

Pada pertanyaan tersebut terlihat kecerdasan Jokowi menilai kelemahan Prabowo mengenai isu-isu yang ada di dunia digital. “Dalam rangka mendukung unicorn-unicorn ini kita juga membangun Palapa Ring” kata Jokowi menanggapi pernyataan Prabowo. Jokowi sudah sangat paham mengenai isu-isu dan permasalahan-permasalah bagi pengembangan unicorn di Indonesia terlihat dari tanggapannya tersebut bahwa pembangunan Palapa Ring bisa membantu meningkatkan kecepatan dan memperluas jaringan internet di Indonesia yang sebelumnya sudah kita ketahui bahwasannya kecepatan internet di Indonesia masih lemah dan belum merata.

 

Kenapa isu-isu ini sangat penting untuk dibahas dan dipahami oleh calon presiden kedepan ? karena sudah dijelaskan dalam awal debat ketika sesi pertanyaan dari panelis mengenai strategy menghadapi revolusi industri 4.0 kedepan bahwa sebagian besar pelaku industri di Indonesia masih dalam skala kecil dan tradisional dan proses pemecahan kasus untuk masalah-masalah tersebut sebenarnya sudah dilaksanakan oleh pemerintahan Jokowi sekarang.