Adelia Hat-Trick Emas Cabor Renang, Indonesia Puncaki Perolehan Sementara Medali ASG 2019

Adelia Hat-Trick Emas Cabor Renang, Indonesia Puncaki Perolehan Sementara Medali ASG 2019
Adelia Hat-Trick Emas Cabor Renang, Indonesia Puncaki Perolehan Sementara Medali ASG 2019

MONITORDAY.COM – Pelaksanaan ASEAN School Games (ASG) XI 2019 yang berlangsung di Semarang, Jawa tengah, telah memasuki hari keempat. Dalam perolehan medali, kontingen Indonesia masih kokoh menduduki puncak klasemen dengan perolehan 20 medali emas, 20 perak dan 15 perunggu. Sedangkan, Urutan kedua dan ketiga ditempati Thailand (17-19-20) dan Malaysia (15-15-13).

Dari amatan Monitorday.com, Senin (22/7), selain raihan emas dari cabor atletik, Indonesia juga mendulang emas dari cabang tenis lapangan, bulutangkis dan renang.

Penyumbang emas bagi Indonesia, salah satunya Adelia, perenang Indonesia yang telah menyumbang tiga emas.  Satu emas terbarunya yang disumbangkan adalah saat tampil di nomor 200 meter gaya dada putri di Kolam Renang Jati Diri Semarang, Minggu, (21/7)


Atlet Indonesia, Adelia peraih emas cabor renang ASG 2019
(Doc. Asean School Games 2019)


Adelia mencatatkan waktu tercepat 2 menit 39 detik. Catatan waktu Adelia mengungguli perenang asal Singapura Sarah Jun yang merebut medali perak. Sedangkan perunggu diraih perenang Thailand Kamonchanock Kwanmuam.  

Sebelumnya, Adelia sudah mendulang dua emas dari nomor gaya dada, 50 meter dan 100 meter. Dengan perolehan hat-trick emas yang diperoleh, Adelia menorehkan namanya sebagai ratu renang dalam perhelatan ASG 2019.

Perlu diketahui, Asean School Games atau disingkat ASG merupakan pesta olahraga tahunan yang diikuti atlit yang berasal dari sekolah menengah atas di kawasan Asia Tenggara. Untuk pertama kali, ASG diselenggarakan di Thailand pada 2009. Sedangkan, pelaksanaan ASG XI di Semarang Jawa Tengah, Indonesia berlangsung pada tanggal 17 – 25 Juli 2019.