Akan Rayakan Natal Bersama, Pemprov DKI Minta Sumbangan Rp 1,4 Miliar

Akan Rayakan Natal Bersama, Pemprov DKI Minta Sumbangan Rp 1,4 Miliar
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Gereja Katedral/net

MONITORDAY.COM - Pemprov DKI meminta sumbangan kepada warga sebesar Rp1,4 miliar untuk Perayaan Natal Bersama. Hal itu tertuang pada surat edaran No 214/XII/2019 perihal Bantuan Kasih.

Surat yang ditandatangani oleh Ketua Panitia Natal sekaligus Asisten Deputi Gubernur DKI Jakarta Sunardi Sinaga sehubungan dengan surat Kepgub No 1819/2018 tentang Panitia Perayaan Natal Bersama Pemprov DKI Jakarta dan Masyarakat Kristen dan Katolik di Ibu Kota.

Untuk perayaan Natal Bersama 2018 yang akan dilaksanakan pada 11 Januari 2019 di Ancol, panitia membutuhkan dana sebesar Rp1,4 miliar. Sunardi mengatakan dirinya bertanggung jawab atas perayaan Natal Bersama Pemda DKI Jakarta dan warga Kristen - Katolik.

"Terkait donatur, saya persilakan selama sifatnya tak mengikat dan tak melanggar peraturan perundang-undangan. Saya pikir ini hal yang biasa saja, tak perlu dibesar-besarkan," katanya, Jumat (28/12/2018).

Dia menambahkan Perayaan Natal Bersama merupakan kegiatan sosial untuk merekatkan persaudaraan warga kristiani di DKI Jakarta. Susunan kepanitiaan pun merupakan gabungan antara Pemprov DKI dan warga.

Bendahara Perayaan Natal Bersama Nova Nontje Nur Lahase mengatakan alasan panitia meminta sumbangan karena banyaknya target kepesertaan, yakni sekitar 10.000 orang.

"Dana Rp1,4 miliar kan untuk banyak hal, misalnya konsumsi dan berbagai perlengkapan," ujarnya.

Dia mengatakan surat edaran tersebut disebarkan ke banyak perusahaan yang ingin menyumbang atau menjadi donatur kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan Perayaan Natal Bersama memang tidak dianggarkan di APBD DKI 2018.

"Tidak ada (di APBD DKI), jadinya kan kita minta sumbangan untuk partisipasi," tandasnya.