Amien Rais Akan Bongkar Kasus Korupsi, Pengamat : Terlalu Reaksioner Dan Ekspresi Kepanikan

Amien Rais Akan Bongkar Kasus Korupsi, Pengamat : Terlalu Reaksioner Dan Ekspresi Kepanikan
Direktur IPI Karyono Wibowo

MONITORDAY.COM - Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute (IPI) Karyono Wibowo angkat bicara soal pernyataan Amien Rais yang akan membongkar dugaan kasus korupsi besar yang masih mengendap di KPK.

Menurutnya, ia menduga pernyataan Amien Rais merupakan upaya serangan balik terhadap kubu Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

"Saya menduga, sikap pak Amin Rais kasus korupsi besar yang mengendap di KPK merupakan upaya untuk melakukan serangan kepada kubu Jokowi - Ma'ruf," ujar Karyono kepada Monitorday.com, di Jakarta, Kamis, (11/10/2018).

Karyono mengatakan publik akan menduga pernyataan Amien adalah reaksi balik dari pemanggilan Amien Rais oleh Polda Metro Jaya atas tersangka kasus penyebaran berita bohong Ratna Sarumpaet.

"Terlepas dari itu, langkah Amien Rais yang akan membongkar dugaan kasus besar yang mengendap di KPK merupakan hak dia sebagai warga negara," katanya.

Namun, sikap Amien tersebut mencerminkan karakter reaksioner, tak jauh beda dengan sikapnya merespon kebohongan Ratna Sarumpaet yang mengaku dianiaya.

Hal itu, lanjut Karyono, justru bisa menimbulkan persepsi negatif bagi Amien Rais dan bisa berdampak negatif pada pasangan calon presiden Prabowo-Sandiaga Uno.

"Reaksi Amien Rais yang akan membongkar dugaan kasus besar yang masih mengendap di KPK mengekspresikan kepanikan," tuturnya.

"Menurut saya, lebih baik Pak Amien Rais rileks saja jika beliau tidak merasa bersalah, tidak perlu menunjukkan sikap pertentangan. Justru menurut saya pemanggilan terhadap dirinya harus dijadikan momentum yang baik untuk meluruskan dan klarifikasi untuk mengungkap kebenaran. Sehingga, citra Pak Amien kembali pulih," tambahnya.