Anies Janji Sediakan Tempat Kremasi Untuk Umat Hindu di Jakarta

Anies Janji Sediakan Tempat Kremasi Untuk Umat Hindu di Jakarta

MONITORDAY.COM-Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan janji menyediakan tempat kremasi untuk umat Hindu di Jakarta. Tapi lokasi pastinya belum ditentukan.

"Tahun lalu saat saya datang menemui masyarakat Hindu di Jakarta Utara waktu itu disampaikan bahwa masyarakat Hindu di DKI mendapatkan tanah untuk pemakaman," ujar Anies di Pura Candra Prabha Jelambar, Jakarta Barat, Minggu (11/11/2018).

"Sementara itu yang dibutuhkan bukan pemakaman atau tanah tapi adalah tempat untuk kremasi. Maka dari itu kami siapkan dan insyaallah akan segera tuntas fasilitas kremasi bagi masyarakat Hindu di Jakarta," tambahnya.

Anies menerangkan Pemprov DKI akan terus memfasilitasi kebutuhan dasar umat beragama di Jakarta. Dia tak ingin ada ketimpangan atau ketidakadilan di Ibu Kota.

"Semua harus merasakan bahwa ini sebagai rumahnya dan menjadi tempat yang bisa dijalankan seluruh kegiatan beragama," terang Mantan Menteri Pendidikan dan kebudayaan itu.

Terlepas soal lahan kremasi, Anies mengungkapkan Pemprov DKI mendukung dan akan memfasilitasi kegiatan umat Hindu di Jakarta. Menurutnya DKI punya kewajiban memberikan fasilitas.

"Mereka tidak berada di Bali dimana ekosistem seluruh ekosistemnya di sana. Karena budayanya berada di komponen masyarakat. Nah itu lah justru pemprov DKI memiliki kewajiban untuk memfasilitasi yang semua menjadi kebutuhan bagi masyarakat Hindu di Jakarta," tandasnya.