Anies Pastikan Suplai Pangan Tetap Terjaga Jelang Natal dan Tahun Baru

Anies Pastikan Suplai Pangan Tetap Terjaga Jelang Natal dan Tahun Baru

MONITORDAY.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan stok pangan untuk Natal dan Tahun Baru 2019 aman. Ia mengatakan hal itu berdasarkan data ketersediaan pangan pokok selama November-Desember 2018 secara kumulatif. 

“Sejauh ini terkontrol aman. Ini yang sekarang kita kerjakan adalah untuk jangka lebih panjang,” ujar Anies di Jakarta Pusat, Kamis (6/12/2018).

Anies mengungkapkan, BUMD PD Pasar Jaya, Tjipinang Food Station, dan PD Dharma Jaya telah menyatakan siap. Menurutnya, ketiga BUMD itu memang masih menjangkau 30 persen masyarakat di Ibu Kota, namun akan terus ditingkatkan pada tahun depan.

“Kita ingin ini bisa lebih besar lagi, sehingga pemerintah punya kemampuan untuk mengontrol harga lebih baik, mengendalikan harga lebih baik agar inflasi kita terjaga,” ungkapnya.

Anies mengaku, saat ini terjadi inflasi yang tidak menentu, namun dia memastikan persoalan suplai pangan tetap terjaga dengan baik.

“Inflasi itu adalah gejalanya. Problemnya adalah suplai. Kalau suplai tersendat maka inflasi akan naik. Suplai tersendat karena apa? Satu karena demand-nya meningkat suplai tidak ada atau demand stabil tapi suplai terganggu,” tandasnya.